Sabtu, 23 Oktober 2010

Membuat Antenna Omni 14dBi

Sebelum lanjut, sebaiknya kuta berdoa dulu yook!!!, biar bacanya enak n masuk di otak. Klo udh ayook kita lanjutttt . ..yuuuk marriieee!! heeee

Tahap 1, Persiapan Peralatan
klo tahap satu nih tahap yg paling mudah, oke bahan2nya adalah

  1. Paralon 1 1/4 inchi
  2. Dop Paralon 1 1/4
  3. Busa Kapiler AC
  4. Pipa capiler AC 0,6mm
  5. Coax Rg 6 U
  6. Plat Tembaga 0,5mm
  7. N conector Female
  8. Cutter, Pipe Cutter
  9. Timah dan Solder Besar
  10. Bor tangan
  11. Tang potong, Tang Cucut
  12. Gunting seng 
Tahap 2, Membuat Element
Buatlah 24 buah elemen pipa capiler AC dengan menggunakan pipe cutter dengan ukuran 4,7cm, lalu kemudaian potong kabel Rg 6U dengan ukuran 6,7cm sebanyak 24 buah juga, kupas bagian luar kabel, dan lepaskan serabut ground-nya sehingga tinggal satu kabel dan busa pelindung kabel saja yang tersisa kemudian masukan satu persatu kedaam pipa capiler AC. Sekarang kita udah punya 24 element, setelah itu susun zigzag dan kemudian solder.


Tahap 3, Membuat Bagian Bawah
Untuk bagian bawah antena, potong plat tembaga dengan ukuran 8×4cm buat bulatan silinder dan kemudian solder sisinya hingga tertutup rapat, buatkan tutup melingkar bagian bawah kemudian bor untuk memasukan pipa capiler AC, potong pipa capiler sepanjang 7,8cm dan kabel Rg 6 U dengan ukuran 9,8cm seperti membuat elemen diatas, kemudian masukan kedalam plat tembaga yang berbentuk silinder tadi, untuk bagian bawah panjangannya 3,5cm kemudian solder dengan N Connector, kemudian buatkan ground dari plat tembaga ke N connector dan solder.


Tahap 4, Cable Stup
anjutkan pekerejaan kita dengan menyambung 24 elemen yang sudah kita solder dengan bagian belakang yang sudah kita buat tadi,.. jika semuannya sudah tersambung, est dulu dengan menggunakan multy tester,.. kalo bikinnya bener harusnnya nggak konslet, kemudian kita buatkan cable stup seperti gambar diatas dengan bagian dalam kabel Rg 6U, jika sudah tersolder cable stup tersebut maka pasti kalo di test menggunakan multy tester akan konslet.

Tahap 5, Packaging atau Pengemasan
etelah semua proses sudah selesai, tinggal memasukan antena yang kita buat kedalam busa capiler dan kemudian masukan kedalam paralon 1 1/4 inchi yang tersedia, maksudnya agar pada saat keadaan antenna berdiri elemen dan casingnnya tidak berbenturan kalo ada guncangan, jadi awet, untuk casing bisa menggunakan ukuran paralon apa aja, dan sihlakan di kasih warna sesuai selera, karena antenna omni kebanyakan warna putih, sebaiknya anda menggunakan warna lain jadi lebih keliatan dibanding yang lain. SELAMAT MENCOBA.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar